Tukang Komentar: Parkir & Berhenti (yang lagi viral itu loh)

Gue mau komentar karena gue anaknya suka komentar dan berhubung ini videonya baru kemaren jadi emang gue bajingan mau numpang popularitas.

Kemaren beredar video di youtube tentang supir taksi yang adu argumen dengan polantas karena si supir taksi mau ditilang lantaran doi berhenti di tempat yang ada tanda dilarang parkir. Si supir ngerasa ga bersalah dan memberi penjelasan (yang sesuai dengan UU) bahwa berhenti dan parkir itu berbeda. Silahkan videonya bisa dilihat disini.

Setelah baca-baca dari artikel dan berbagai sumber lain, gue dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
“Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Agustin Susilowati menyebutkan, polisi memiliki wewenang tertentu ketika sedang bertugas dan menghadapi situasi seperti cerita di atas” (sumber)

Jadi sebenernya rada ga adil kalo kita ngata2in si polisi. Karena ga salah juga si polisinya, kurang cerdas dan kurang bijak aja. Melihat di Indonesia ini unik ya ada 3 istilah yaitu parkir, berhenti, dan ngetem, tentu sebagai polisi harus bisa improvisasi kalo di lapangan. Dalam UU emang biasa kalo ada loophole semacam ini. Kalo kendaraan umum ngetem itu pasti ganggu lalu lintas juga kan. Namun dalam kasus ini si supir taxi cukup sopan dan minta maaf pula sama polisinya. Technically ya emang supir taxi bener secara UU tapi bayangin deh kalo yang ngasi argumen gini supir angkot yang suka seenak udel berhenti bahkan ngetem, pasti minta banget lo botakin kan rambutnya. Ya emang bener sih kata aturannya, tapi mengganggu pengguna jalan lain. It would be wiser jika pada kondisi seperti di video si polisi hanya memberi teguran dan tidak menilang. Karena sebenernya emang technically si supir taxi gabisa ditilang karena (1) ga melanggar UU (2) supir taxi cukup sopan dalam menjelaskan argumen dan alasan dia berhenti. Sayang sekali ya padahal ini momen yang seandainya si polisi ga nilang pasti citra polisi bisa naik lagi lol.

image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s