Chernobyl Diaries (2012)

Directed by Brad Parker Music by Diego Stocco
Produced by Oren Peli Cinematography Morten Søborg
Brian Witten Editing by Stan Stalfas
Screenplay by Oren Peli Studio Alcon Entertainment
Carey Van Dyke FilmNation Entertainment
Shane Van Dyke Oren Peli/Brian Witten Productions
Story by Oren Peli Distributed by Warner Bros.
Starring Jesse McCartney Release dates 25-May-12
Jonathan Sadowski Running time 86 minutes
Devin Kelley Country United States
Olivia Taylor Dudley Language English
Nathan Phillips Budget $1 million
Ingrid Bolso Berdal Box office $37,157,648
Dimitri Diatchenko

Oke jadi baru aja gue nonton film ini yang seperti bisa kalian lihat diatas berjudul Chernobyl Diaries. Entah kebetulan tapi beberapa hari yang lalu gue emang beneran abis nonton film dokumenter tentang Chernobyl, tragedi meledaknya reaktor nuklir di Ukraine hampir 30 tahun yang lalu. Awalnya gue pikir Chernobyl Diaries ini film unyu-unyu sedih dan menyentuh yang membahas soal tragedi Chernobyl (karena pada saat itu gue ga liat cover filmnya yang horror gini). Akhirnya tadi ada di Fox trus gue nonton dan ga dari awal banget tapi yaa lumayanlah belom kelewatan terlalu banyak.

Gue nonton dari pas mereka si geng american tourists ini lagi keliling kota Pripiyat, yaitu kota yang jaraknya cuma sekitar 3km dari reaktor nuklir yang meledak itu. Setelah mereka keliling-keliling dan puas foto-foto ternyata hari udah mau gelap jadi mereka harus segera pergi dari sana. Mendadak ada beruang lewat hampir aja nyerang mereka. hm.

Intinya begitu mereka sampe mobil kok gabisa nyala mobilnya, kabel mesinnya digigit binatang dan rusak dan mereka harus bermalam disana. Mereka denger suara, dan seperti film horror bule pada umumnya kalo ada sesuatu suara-suara gini malah disamperin, padahal mereka udah safe di dalem mobil. Tour guidenya ilang deh. Sisa para turis ini. Kemudian mereka diserang mutant dan asuasu lainnya dan film pun berakhir. Sebentar sih filmnya, alhamdulillah sebentar.

Ini film jelek banget asli. Beberapa kekurangannya:

1. Dialog dan aksi-aksi yang ga masuk akal dan unecessary
Tolong banget ya bebibebi contohnya ya di scene mereka lagi nyari kabel buat mobilnya. Setelah mereka dapet kabel mereka ngehubungin temennya yang stay di mobil dan selagi ngehubungin itu mereka diem di tempat dan dialognya kebanyakan padahal ga penting. Logikanya ya pada saat itu mereka lagi buru-buru karena harus sampe di checkpoint terdekat yang jaraknya 20km dan mereka harus bisa sampe ke checkpoint itu dan balik lagi ke mobil sebelum gelap. Selain itu malam sebelumnya mereka abis diserang anjing, dan paginya mereka abis nemuin jasad tour guide mereka yang bentuknya udah ga karuan. Kalo kalian di posisi mereka apakah sempet bertele-tele dulu? Apalagi beberapa menit sebelumnya mereka liat kawanan anjing liar yang buas di sekitar situ.
Scene lainnya ga jauh dari situ ceritanya udah gelap dan di tengah jalanan yang gelap mereka malah argue, begini kira-kira dialognya
“Ini urban legend aja tapi katanya radiasi ga membunuh semua hewan dan manusia disini”
“I dont buy that shit [blablabla]”
*temennya nimbrung*
“But I think he’s right [blablabla]”
“Ya gabisa tapi gue ga percaya [blablabla]”
*ribut berargumen*
dan selagi mereka berargumen mereka bukannya sambil jalan gitu ya malah diem seakan-akan mau ngomongin ini semua baebae UDAH KAGA SEMPET WOY. Setelah scene itu gue nonton setengah merem.

2. Ketebak
Engga, serius, tapi ini keterlaluan. Setiap mau ada kejadian sesuatu pasti salah satu karakter akan ngomong “Do you hear that?!” *mutant keluar nyerang*

3. Insensitive
Awalnya gue pikir ini film menyentuh, ampun banget gara-gara ga liat covernya, dan lagi pas gue baru mulai nonton pas bagian mereka lagi keliling kota. Begitu gue tau ini film horror tentang mutant gue langsung lost interest. Jujur aja gue ngerasa itu sangat insensitive & disrespectful apalagi mereka shooting di kota Pripiyatnya. TKP. Dan mutant tu sungguh ya gue tau emang disana radioaktif banget tapi tolong dibedakan ya antara radioaktif di kenyataan dan radioaktif di film superhero yang bisa mengubah lo jadi mahluk lain. Lo tauga berapa orang yang jadi korban dari tragedi ini? Berapa dari mereka yang meninggal karena kanker, yang lahir cacat karena radiasi? Gasuka banget sama beberapa dialog terakhir yang menjelaskan bahwa mutant yang selama ini nyerang mereka adalah korban radiasi yang bermutasi jadi monster. hm.

kesimpulannya: 2014 jangan buang waktu nonton film ini.
review lainnya bisa dilihat disini dan disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s