Alasan Pengembangan Pertanian Pada Masa Orba

anak-anak brengsek macam gue ini yang nulis jawaban soal ulangan sejarah biar views di blog meningkat. anyway mayan kan lo pada nambah sedikit pengetahuan sekalian belajar ya kalo mau ulangan.

waktu itu gue ulangan sejarah salah satu pertanyaannya “Mengapa pada masa Orba sektor pertanian sangat dikembangkan? Kaitkan dengan kondisi geografis Indonesia!”. Yaudah jadi waktu itu jawaban gue sih gini ya berdasarkan guru sejarah gue mah.

Pada masa Orba sektor yang paling dimajukan adalah sektor pertanian. Mengapa? Karena secara geografis Indonesia sangat cocok untuk menjadi negara agraris karena memiliki banyak lahan luas yang subur dan cocok untuk pertanian serta sumber air yang melimpah. Letak geografis Indonesia yang merupakan negara tropis juga mendukung pertanian dan perkebunan. Soeharto pada saat itu melihat dan menyadari potensi Indonesia ini sehingga beliau sangat mengembangkan sektor pertanian.

Dengan mengembangkan sektor pertanian maka secara otomatis sektor lainnya juga akan berkembang. Dalam pertanian dibutuhkan banyak pekerja sehingga sektor ini menyerap banyak tenaga kerja, dan karena pertanian dapat dilakukan di hampir seluruh wilayah Indonesia maka tenaga kerja yang diserap pun bisa dari seluruh wilayah Indonesia. Untuk menggarap lahan pertanian secara efisien dibutuhkan peralatan-peralatan pertanian, hal ini memajukan bidang teknologi karena ada tuntutan untuk menciptakan teknologi pertanian yang tepat guna (mudah digunakan siapapun). Selain itu juga ada tuntutan lain bagi bidang teknologi untuk menghasilkan bibit-bibit unggul agar hasil panen melimpah dan tahan hama. Untuk mendistribusikan hasil panen maka mau tidak mau harus dibangun infrastruktur di seluruh penjuru negri. Dengan begitu lebih banyak tenaga kerja yang terserap dari seluruh Indonesia dan tidak hanya satu bidang pertanian, melainkan juga dari bidang ilmu lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s