Neutrino

neutrino

Setelah membaca potongan artikel diatas, taulah kita apa itu neutrino. Untuk menemukan neutrino, materi sekecil itu, ternyata dibutuhkan alat sebesar ini

kalo menurut gue alat ini mah mini universe. demiapa sih ini alat ga gede banget? ini percobaannya di bawah tanah loh. Artinya dalam fisika ketika lo mau menguji suatu teori dan melakukan percobaan hampir selalu butuh alat2 yang segede haram jaddah gini udah alam semesta dikecilin karena untuk menguji teori dibutuhkan keadaan yang tepat dan keadaan di alam semesta sungguhnya ga selalu bisa kita prediksi dan kita atur atau ukur. Kemudian gue berkesimpulan bahwa jadi fisikawan untuk mempelajari sesuatu yang baru butuh kemampuan. Ya, alat segede gitu harganya ga 1000$ kan?

Jadi yang gue maknai dari neutrino ini adalah bahwa belajar membutuhkan kemampuan, di entah belahan dunia mana atau di belokan gang keberapa ada orang2 yang ga memiliki kemampuan untuk belajar. Gue jadi kasian sama orang2 yang memiliki kemampuan untuk belajar tapi mereka gamau belajar dan malah mensia-siakan kesempatan yang mereka punya. Padahal yang udah jelas ilmuwan aja mau belajar sesuatu yang baru cape2 pake usaha pake keringetan pake tembak2an sama mafia juga mungkin. Sayang kan, jadi mulailah kita semua menjadi manusia yang berkembang dan mau menjadi lebih baik dengan tetap menghargai alam dan lingkungan sekitar kita. Karena memiliki pengetahuan bukan berarti kita benar2 tau, karena sebenarnya sebagian besar hal yang kita tau hanya mendekati kebenarannya saja dan sisanya memang misteri, yang Maha Mengetahui hanya Tuhan. Gaboleh pongah jadi orang meskipun pinter.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s