windows 7 atau windows 8 dan segala dilema yang menyertainya

Mon, Jul 1, 2013 14:01:25
Sebuah kisah yang berawal dari Acer jaman kuda milik nyokap yang dilengserkan ke gue akhirnya menemui sakaratul maut juga, belom koit, tapi udah sakaratul maut. Sebenernya ga juga sih. Hanya saja ntu laptop udah transformasi jadi PC dan batrenya udah jebol. Tapi masi berfungsi dengan baik. Sebagai orang yang menghabiskan banyak waktu di laptop gue sedih kan ya kalo main laptop harus di deket colokan. Trus gue pernah tanya sama tukang komputer langganan gue kalo mau ganti batre bisa sampe 2jtan. Sayang banget kan masalahnya ini Acer jaman jebooottt banget gaada bluetoothnya gaada micnya ya menururt lo aja sih -_- mungkin bagi orang yang emang pengguna komputer sejati akan menertawakan alasan gue mau beli laptop baru tapi yaudahlah gue butuh kedua fitur jadul itu yang bahkan di laptop gue gaada.

Akhirnya gue browsing sana sini cari laptop bagus yang ga terlalu mahal. Maka berlabuhlah hati gue pada HP Envy Sleekbook. Keren, warnanya cakep, tipis, dan hanya sekitar 5-6jtan. Trus udah windows8 lagi. Kemudian gue mulai mencari wujud dari HP Envy Sleekbook tersebut di toko2 elektronik. Ehh malah hati gue berpaling pada sejenis Asus (yang gue gatau namanya Asus apa). Bentuknya gemas gemis kecil dan enteng dan kewl banget. Harga lebih mahal dikit sekitar 6jt hampir 7jt. Udah windows8 juga.

Kemudian gue merenungkan. Para laptop keluaran terbaru ini banyakan pake windows8. Lantas, apa kelebihan windows8 dibandingin windows7? Acer jaman kuda milik gue itu sih masih pakenya XP, culun emang, soalnya kalo mau upgrade ke win7 terlalu culun doi ga mampu. Tapi gue sendiri udah sering make win7 dan tidak mengalami kesulitan apapun. Tapi kalo windows8? Apa itu? Mahluk planet mana itu??? Gue belom pernah coba sama sekali.

Gue pertama denger soal windows8 sekitar setaun yang lalu, pas itu emang boleh di download gratis kalo gasalah (apa gue salah?) Biar orang2 pada coba dan kasih feedback ke microsoftnya. Dan emang saat itu setau gue windows8 lebih diperuntukkan untuk tablet dan windowsphone, gue bahagia dengan Galaxy S3 gue jadi gue ga mikirin. Tapi sekarang2 ini gue jadi penasaran apakah windows8 memang seindah tampilannya di iklan2? Sulit atau ga mengoprasikan windows8 yang tampaknya berbeda jauh dengan versi windows sebelumnya.

Gue cari2 info kan lalu gue malah jadi semakin bingung. Banyak yang bilang windows8 sucks karena banyak hal yang ilang dan banyak function yang ga penting dan malah menyusahkan. Tapi ada juga beberapa yang bilang bahwa windows8 enak2 aja kok dipake apalagi di laptop touch. Kebetulan Asus yang gue mau beli ini touchscreen juga jadi waw amazhong. Jadi beberapa kendala yang dialami orang2 ini adalah:

1. Hilangnya start button :o!
Biasanya lo nyalain komputer kan di kiri bawah ada tombol START gitu ya kan convenient sekali kalo kata bule2 itu mah. Nah tombol cantik ini dihilangkan! :o!! Panik kan panik. Gue juga gatau bagaimana akan memulai hari gue tanpa tombol start ini. Tapi emang ada caranya sendiri dan dijelaskan di berbagai website tapi karena gue sendiri belom pernah nyobain make windows8 maka gue ga paham setitikpun apa yang mereka jelaskan (._.”) Tapi katanya ga terlalu ribet kok, banyak tips&tricks nya

2. Semua orang benci Tiles (⌣́_⌣̀)
Gaada yang engga. Di website manapun gue mencari, semua orang membenci tiles yang menjadi ciri khas windows8. Emang sih pertama gue liat gue juga khawatir akan susah mengoprasikannya tapi ya gatau, we’ll see

3. CAN’T TURN OFF THE USELESS FEATURES!
Begitulah jeritan salah satu comment.
Brad says:
April 30, 2013 at 8:50 am
I agree with the article. Windows 8, in comparison to even vista is crap. yes its faster, but there are so many annoying, worse than useless features THAT YOU CANT TURN OFF W/O ADVANCED HELP that damages it. for example the ‘windows thumbnail preview’ which makes a little window show up when mouse goes over a thumbnail. I’m missing the start menu’s documents section that lets me open a previous document easily, a third part program (less than 60 mb space) gave me most of start menu functionality back and made computer bypass the stupid start page. all in all, i preferred vista less irritation.

Dan comment tersebut cukup membuat gue panik.

Jadi intinya gue masih gatau keputusan gue jadi beli laptop atau engga. Karena baca2 dari salah satu situs bahwa kita cuma bisa menginstall apps dan software yang disetujui microsoft. Jadi intinya windows jadi less open. Gue khawatirnya kalo browsing gue harus pake internet explorer intead of firefox atau chrome, kalo dengerin lagu harus pake windows music player instead of itunes, dan yang paling gue khawatirkan: gue cuma bisa sync file2 gue ke cloud storage di SKYDRIVE instead of GOOGLEDRIVE. Ini hal penting buat gue. Kenapa? Karena dalam hal ini gue cuma percaya google. Alasan? Email gue yang hotmail aja udah kebobolan 2x, bahkan lebih, sampe akhirnya ga gue urusin lagi. Sedangkan gmail gue sekalipun belom pernah kebobolan. Jadi ya wajar dong kalo gue berasumsi bahwa skydrive ga se-aman googledrive? Dan gue akan masukin file2 penting kesana, gimana kalo kebobolan? Ck bisa wakacau. Tapi ada sumber lain juga yang bilang bahwa kita masi bisa install apa aja di windows8, belom atau mungkin gaada restriction yang sekejam itu, semoga aja gaada. Kalo dari segi tampilan sih gue tergoda banget. Tapi liat review2 orang2 dan segala macemnya gue jadi makin bimbang~

ϺN Λndriana

Leave a Reply

