Silent Hill 1 & 2 movie review

Silent Hill (film)

Silent Hill (film) (Photo credit: Wikipedia)

hai geng hai banget gue baru aja bener2 baru kelar nonton silent hill 1 dan 2 sekaligus ya huh gue mau bikin perbandingan. tapi sebelumnya sedikit pengetahuan bagi yang belum tau.

sebenernya gue sendiri gatau banyak tentang silent hill, yang gue tau film ini dibuat berdasarkan video game caem asal jepang dengan judul yang sama. beda sama resident evil, gue ga main silent hill sama sekali karena emang horror banget ga kuwkuw. barusan gue buka wikipedia dan menemukan beberapa fakta menarik yang akan gue kasih di akhir ajadeh.

silent hill 1 keluar tahun 2006, ceritanya ttg Rose Da Silva yang ngadopsi anak namanya Sharon. Sharon ini sering sleepwalking trus ngigo2 silent hill gitu. so they look up for the place. trus nemu. yaudah kan si Rose sama Sharon beduaan aja tuh ke silent hill, padahal bapaknya, Chris Da Silva, udah bilang “udahlah geng gausah kesana, ga baik itu tempat angker kata internet”. tapi yaudah kan Rose ngotot. on the way mereka sebenernya di stop sama polisi namanya Cybil tapi mereka ngebut trus nabrak apaan tau pokoknya sampe lah mereka di silent hill dan segala horror dimulai. okey since gue gapernah main gamenya gue jadi gatau cerita per gamenya, ga kaya resident evil yang gue udah khatam banget. jadi ternyata silent hill 1 ini dibuat ga kaya cerita di game tapi berdasarkan kelima gamenya itu digabungin dan diadaptasi.  but still feel gamenya masih kerasa banget dari setan2nya dan pengambilan gambarnya ckck game jepang banget deh dan kewl. okey barusan abis liat sumber lain jadi ternyata mostly plotnya ngikutin game silent hill 1 tapi monsternya yang dari silent hill 2. hmm gudgud. lebih lanjut bisa liat disini

kemudian gue melanjutkan nonton film yang kedua dan gue kecewa level 38. karena gue ngerasa udah gaada feel kaya di silent hill 1. it felt so american. beda deh pokoknya. dan sejujurnya ya gue shock Sharon ganti nama jadi Heather. mungkin biar fit aja sama gamenya tapi gatau gue sih ga kerasa ya. kisahnya sekarang disini Sharon udah 18 taun, sama bapaknya sekarang mereka pindah terus dari kota ke kota. diceritakan Rose kejebak di silent hill dimension, dan saat itu dia nemu satu seal tapi cuma salah satu dari mereka yang bisa balik ke dimensi manusia. trus Sharon yang balik, tapi dia ga inget kejadian apapun yang terjadi di silent hill. sejak saat itu mereka dikejar sama cult tersebut. tujuannya si Sharon harus balik ke silent hill agar mereka bisa ngancurin Alessa karena Alessa cannot be destroy unless she’s whole. dan Sharon adalah bagian dari Alessa. jadi cult tersebut mengirim salah satu anak mereka namanya Vincent buat nge lure Sharon balik ke silent hill, bapaknya Sharon juga diculik segala ckck.

dan ada beberapa hal yang menurut gue rada maksa kaya di film silent hill 1 cultnya udah dibinasakan ya sama Alessa kok muncul lagi, trus Vincent tu maygat ah gatau ah kasian kaya maksa gitu. dan yang paling ngeengg adalah di silent hill 2 kenapa banget dia juga dikejar sama monster2nya? kenapa banget Alessa mau bunuh dia juga? ga jelas kenapa. dan kenapa pula dark nurse yang di silent hill 1 sensitive sama cahaya yang mereka baru gerak kalo ada cahaya sekarang di silent hill 2 mereka geraknya karena ada suara.NGG. pkay baru dapet sumber lain ternyata Alessa mau bunuh Heater (Sharon) itu berdasarkan plot di silent hill 3. dan berdasarkan sumber lain pula plot silent hill revelation kayaknya mostly ngikutin silent hill 3.

sebenernya mungkin ya kalo gue emang juga main gamenya gue akan lebih paham ya akan segalanya ini. mungkin sebenernya silent hill revelation bagus tapi kayaknya pembuatannya aja rada terburu2 tau apa kenapa gatau. sebenernya pula kalo dibandingin sama adaptasi resident evil, silent hill done it better. karena kedua filmnya emang ngikutin gamenya dan gue amazed akan hal itu. sedangkan resident evil, ya sebenernya gue ga menuntut bahwa adaptasi game harus menggunakan plot yang sama tapi resident evil semakin kehilangan feel gamenya dari film ke film. kalo liat dari genrenya aja bergeser dari film pertama horror sekarang film kelima genrenya lebih ke action.

jadi kesimpulan menurut gue adaptasi silent hill ini bagus ya lebih bagus daripada resident evil. tapi kesalahannya ada di film kedua ya yang entah kenapa kok jadi jele banget dan ga make sense, plotnya gajelas dan ng apalagi bagi yang udah nonton film pertama.

Leave a Reply

