reviewing apps: antara evernote, onenote, dan google keep

hai gengku yang sudah sekitar 3tahun gue tinggal. madam kembali disini bergabung bersama kalian tidak dengan tangan kosong. gue membawa sebuah buah tangan yaitu REVIEW APPS! YEAAAYY!!

pada kesempatan kali ini gue akan membahas tentang aplikasi tulis menulis note diantaranya yang akan gue bahas disini adalah: OneNote, Evernote, Google Keep

langsung saja ya karena gue gatau mau basa basi apa. diantara mereka bertiga, semuanya menawarkan berbagai fitur yang mirip2 lah yaw. yaitu tidak sekedar menyimpan note dalam bentuk text tapi juga dalam bentuk gambar dan audio dalam satu note. kece kan? nah menurut gue sendiri apps macam ini menarik ya karena gue suka coret2 dan untuk mendukung coret2an gue itu ga jarang gue butuh menyertakan audio atau gambar atau mungkin sketch.

awalnya, awaaalll banget gue pake evernote. waktu itu gue pake yang versi android dan saat itu gue kurang terkesan karena mungkin saat itu hp gue masi butut dan jarang gue sentuh pula. lalu tidak lama gue uninstall. oiya evernote ini lengkap ada versi web, desktop, dan juga mobile. evernote ini banyak aplikasi temen2nya, kaya pelengkapnya gitu ada skitch buat sketch, ada web clipper buat screenshot browser dan banyak yang lainya. evernote ini termasuk aplikasi freemium atau yang free tapi you can go premium gitu. gue kurang suka nya kalo gue download jadi banyak banget gitu aplikasi pelengkapnya meskipun berguna dan inovatif sih.

kemudian lama setelah itu gue mulai sering pake google drive dan gue menemukan salah satu produk google lainnya yaitu keep. Keep ini cuma ada versi mobile sama versi webnya aja, versi desktop gaada. Keep ini juga 100% free dan segala notes yang lo buat dan save di keep akan juga otomatis tersimpan ke google drive lo. jadi semua hal dalam satu tempat dimana hal ini akan sangat memudahkan lo lo sekalian para manusia yang on the go abiez. tapi ternyata ujung2nya keep juga ga terlalu sering gue pake di hp gue, alasannya karena tiap gue bikin note baru dan gue pasang widget maka latest note gue akan terpampang disana, i dont want that makanya gue jadi jarang pake.

lama setelah itu pula semua berawal dari gue yang iseng lagi beresin laptop gue dan mendadak gue nemu program namanya OneNote. gue iseng buka dan ternyata bentuknya mirip The Journal minus kalender. akhirnya gue coba pake kan dan ternyata OneNote memiliki beberapa fitur yang lumayan kece lah ya. OneNote ini ternyata program bawaan microsoft office jadi ya tiada keraguan padanya. kekurangannya adalah harganya mahal, ya  namanya juga microsoft office. kemudian versi mobilenya juga kaya cuma trial doang gitu jatohnya. free sih tapi terbatas cuma sampe 500 notes aja, kalo lebih harus beli. kekurangan yang ketiga adalah versi webnya harus masuk ke skydrive. sebenernya ini sih jatohnya jadi kaya google keep ya namun permasalahannya disini sebagai seorang yang pernah memiliki begitu banyak alamat email berdasarkan pengalaman gue account2 macam hotmail, live, dan lain2 sebagainya itu rentan banget sama hack dan virus. email gue aja yang hotmail udah gatau gimana lagi nasibnya. so i  assume skydrive tidak se-safe google drive yang artinya rada risky aja naro notes disana.

jadi ya sekian ya ulasan dari saya. gue juga belom terlalu maestro sih sama ketiga aplikasi ini dan masih proses belajar hoho. semoga bermanfaat dan sampai jumpa~

One thought on “reviewing apps: antara evernote, onenote, dan google keep

Leave a Reply

