maya edisi religius: cara meraih kebahagiaan dunia dan akhirat (makalah mulok part 3)

Setelah pembahasan diatas mungkin Anda akan bertanya-tanya bagaimanakah cara meraih kebahagiaan dunia dan akhirat? Berikut adalah cara-cara meraih kebahagiaan dunia dan akhirat:

1. Mengenal Allah SWT dengan cara mengenal ayat-ayat-Nya.
Dilihat dalam dunia pendidikan Islam, keberhasilan pendidikan dalam Islam itu bukan diukur dari mahalnya uang bayaran sekolah, berapa banyak ilmu yang diterima di Perguruan Tinggi Negri dan sebagainya. Tapi keberhasilan itu dilihat dari seberapa besarnya pendidikan tersebut mampu melahirkan manusia-manusia yang beradab yang menganal Tuhannya dan beribadah kepada Penciptanya. Manusia-manusia yang berilmu seperti inilah yang hidupnya bahagia. Mereka yang hidup dalam keimanan dan keyakinan. Mereka yang tidak terombang ambing oleh keadaan karena meraka telah mengenal siapa Tuhannya. Allah SWT yang menciptakan langit dan bumi dan segala isinya. Mereka ridha dengan keputusan Allah SWT dalam kondisi apapun itu dan berusaha menyelaraskan hidupnya dengan segala macam peraturan Allah SWT yang diturunkan melalui utusannya.

2. Dalam kondisi apa pun “senangkanlah hatimu!” Jangan pernah bersedih.
“Kalau engkau kaya. senangkanlah hatimu! Karena di hadapanmu terbentang kesempatan untuk mengerjakan yang sulit-sulit melalui hartamu.

“Dan jika engkau fakir miskin, senangkan pulalah hatimu! Karena engkau telah terlepas dari suatu penyakit jiwa, penyakit kesombongan yang sering menimpa orang-orang kaya. Senangkanlah hatimu karena tak ada orang yang akan hasad dan dengki kepadamu lagi, lantaran kemiskinanmu…”

“Kalau engkau dilupakan orang, kurang masyhur, senangkan pulalah hatimu! Karena lidah tidak banyak yang mencelamu, mulut tak banyak mencacimu…”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s