maya edisi religius: kecenderungan manusia saat ini (makalah mulok part 2)

Semua orang ingin bahagia, Kecenderungan manusia saat ini adalah mereka semua ingin bahagia, kita semua ingin bahagia. Tapi sedikit yang berusaha melakukan hal untuk menciptakan kebahagiaan itu. Dengan kata lain, sedikit sekali yang menyentuh kunci untuk bahagia itu. Seperti pepatah mengatakan
“Kesuksesan yang kau ingini, Namun usahamu tak berarti sedikit pun. Sungguh perahu itu tak mungkin berlabuh dipermukaan tanah kering”.

Yang kita lakukan hanyalah mencari kebahagiaan duniawi saja. Padahal hal tersebut tidaklah kekal dan tidak akan kita bawa saat kita mati nanti. Semua harta, pangkat, jabatan, ketenaran dan lain sebagainya tidak akan menolong kita di akhirat nanti. Sedikit sekali diantara kita yang menyadari hal ini ditengah segala kesibukan kita.
Memfokuskan diri hanya untuk mencari kebahagiaan duniawi dan tidak diimbangi dengan mencari kebahagiaan akhirat sangat mungkin menjadikan kita orang-orang yang tidak baik. Banyak kejahatan terjadi dimana-mana hanya untuk mendapatkan kebahagiaan duniawi. Banyak orang mengatakan bahwa kebahagiaan itu datangnya dari harta, dari kekuasaan, tahta dan berbagai cara pun dilakukannya untuk merebut kekuasaan tersebut. Pejabat-pejabat korupsi untuk mendapatkan materi yang berlimpah, dan orang-orang pun mau melakukan apa saja untuk naik jabatan dan mendapatkan kekuasaan sehinga ia menjadi orang berkuasa yang dapat bertindak sesuka hati.
Padahal kebahagiaan yang sesungguhnya adalah ketika hati kita digunakan untuk mengingat Allah SWT. Betapa bahagianya hati jika bisa berkenalan dengan sang pencipta alam semesta ini. Itulah kebahagiaan puncak dari semua kebahagiaan yang ada. Lebih dari apa yang dibayangkan oleh manusia karena tidak ada yang lebih tinggi dari pada kemuliaan AllahSWT. Tidak ada satu dzat pun yang bisa menyaingi Allah SWT. Itulah yang harus kita ingat. Apalagi jika kita ingat kalau hidup di dunia ini hanya sementara dan apa yang ada pada kita hanya merupakan sebuah titipan saja. Itu hanyalah perhiasan duniawi saja, sedangkan apa yang disisi Allah SWT adalah lebih baik dan lebih kekal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s