DeSmuME vs NO$GBA

setelah hampir setaun gw pake emulator no$gba gw akhirnya penasaran juga kan karena tiap gw mau download rom ds di emuparadise.me selalu rata-rata orang pada ngevote DeSmuME tuh emulator yang bagus. yaudah kan gw anaknya kepo ya gw coba download aja sendiri laluuuuu setelah selesai gw langsung buka dan coba mainin tuh pertama Rune Factory 3 trus sukses sempurna gw suka banget, gambarnya lebih cakep ya sama suaranya juga lebih bagus.

dibandingin sama no$gba yang selama ini gw pake itu DeSmuME jauh lebih bagus. biasanya gw selama ini kalo main ds di laptop pake no$gba gapernah gw nyalain suaranya soalnya jelek trus kresek2 jadi mending gw nyalain lagu2 sendiri aja. nah begitu gw coba DeSmuME ini gw sangat bahagia sentosa soalnya suaranya ga kresek2 sama sekali, bagus gitu kaya lagi main di ds beneran. trus udah kan saking bahagianya itu langsung gw close semua trus gw jingkrak2 sendiri dulu baru gw buka lagi wkakakaka gila.

nah selanjutnya gw coba main Dementium: The Ward. nah kendala gw selama ini selama gw pake no$gba adalah pas bagian awaaaall banget game gw harus masukin kode gitu kan (ini gw lagi membahas in gamenya ya) nah biasanya setelah bagian gw masukin kode itu gamenya langsung ngehang alhasil itu game gapernah gw mainin lagi soalnya gapernah bisa lewat bagian kode itu jadi ga maju2 game gw. trus pas gw coba pake DeSmuME awalnya emang agak slow pas mau mulai bikin savean baru dan bagian buka2 notebooknya tapi abis itu lancar. nah langsung gw coba kan gw ke bagian masuk2in kode itu nah first try langsung bisa gw bahagia lagi dan gw matiin lagi dan gw jingkrak2 lagi. DeSmuME telah berhasil memajukan game gw terharu.

selanjutnyaa gw coba game lain yang selama ini ada kendala juga yaitu Harvest Moon: Island Of Happiness, nah kendala gw selama ini selama gw pake no$gba adalah pas awal game disuruh masukin nama orangnya screen bawah/bagian touch screennya ngeblank. alhasil game ini gapernah gw mainin. dan gw coba pake DeSmuME omg gw bahagia langsung keluar gitu jadi gw bisa main deh sekaraaangg.

nah kemudian gw coba main My Sims, weks kali ini DeSmuME mengecewakan gw. mungkin karena keindahan suara dan lain sebagainya membuat dia runningnya agak lama -_- jadi pas bagian awalnya lamaaa banget akhirnya gw gasabar gamenya gw close… padahal tadinya gw mau bikin comparison lagi karena kendala gw selama ini pake no$gba adalah gabisa ngesave, mungkin ada sesuatu yang salah dengan batterynya atau apa hmm. trus gw coba main game sejenis yaitu My Sims Kingdom dan hasilnya sama juga, start gamenya aja lama banget huft. FYI aja My Sims sama My Sims Kingdom ini sih pake logo diamond ijo juga kaya game2 sims lainnya tapi bentuk orang2 dalam gameplaynya tuh kaya Animal Crossing: Wild World sama bentuknya kaya lebih jepang2 gitu.
gw coba lagi buka The Sims 2 trus lancar2 aja.. hmm

jadi sejauh ini kesimpulan gw adalah:
dibanding no$gba, DeSmuME unggul lebih banyak karena DeSmuME dengan 1 program aja tampilannya lebih bagus dan soundnya lebih bagus juga bisa di fullscreen. sedangkan no$gba untuk bisa di fullscreen perlu program tambahan yaitu myZoom. hal tersebut agak menyulitkan kalo mau enable/disable cheat karena harus close myZoomnya dulu enable/disable cheat baru dibuka lagi myZoomnya karena kalo dr myZoom sendiri gaada pilihan buat masukin cheatnya. beda dengan DeSmuME yang semuanya langsung ada disitu.

tapi sejauh ini menurut gw kekurangan DeSmuME adalah untuk start beberapa game agak lama contohnya ya My Sims sama My Sims Kingdom itu tadi yang mungkin dikarenakan sound yang cakep bgt sehingga mempengaruhi gamenya.

kalo gw sendiri sih kayaknya sekarang mau coba pake DeSmuME dulu hehehe soalnya cakep sih. Sekian tulisan gw semoga bermanfaat, maaf bila ada salah kata/istilah maklumlah gw ga secanggih itu ahahaha.

 

download:

DeSmuME

no$gba + zoomer

One thought on “DeSmuME vs NO$GBA

Leave a Reply

