tidak pernah terlambat

“Gapernah ada kata terlambat selama lo masih hidup, mungkin waktunya aja yang ga sesuai harapan lo.” -Mdm Nvmbr

Jadi tema kita malam ini: perubahan

Pemikiran ini awalnya adalah dari sesi uring2an gw di kamar dimana gw guling2 dan stress sendiri. Gw pengen jadi orang yang lebih baik. Tapi gw ngerasa “yah elah gw berubah juga pasti ntar SMA gw masih dicap macem2”.

Kadang gw nyesel gitu ya sama berbagai hal tolol yang gw lakukan dulu. Tapi yaudah nyesel tu cuma bikin lo ngerasa makin bersalah sama diri lo sendiri dan gaakan memperbaiki keadaan juga. Lagipula itu semua udah lewat dan yang bisa gw lakukan sekarang adalah ga ngulang kesalahan yang dulu2.

Jadi gw sering berpikiran untuk berubah ya jadi lebih baik. Tapi karna sifat ga sabaran yang udah bawaan orok ini tak mampu dibendung, gw mikir “buat apa berubah toh ntar SMA masih dicap macem2”. Tapi setelah berguling di tempat tidur beberapa kali akhirnya gw sadar makin gw tunda perubahan ini, makin lama efeknya baru kerasa. Makin gw tunda perubahan ini, makin malah mendarah daging kebiasaan dan kelakuan buruk gw dan akhirnya hal itu menjadi bagian dari diri gw.

Jadi pelajaran yang gw dapat dari sekian kali gulingan gw ke kanan dan ke kiri ke depan dan ke belakang pada sore hari itu adalah:
“Pohon berbuahnya itu butuh waktu, begitu juga semua hal yang terjadi dalam hidup lo tu butuh waktu. Apa yang kita usahakan itulah yang kita dapat. Makin kita tunda makin lama kita dapat hasilnya. Dan hubungannya dengan pohon adalah ketika lo ga nanem2 pohonnya, ga mungkin pohonnya akan berbuah. Kalo lo ga ngerawat pohonnya, pohonnya juga gaakan berbuah malah bisa2 mati. Dan apakah nanti buahnya manis apa engga itu tergantung kehendak tuhan yang bisa dijelaskan oleh faktor2 ilmiah dan masuk akal.”

Leave a Reply

